Teater Bissik

TEATER BISSIK

 

teaterBiang Seni Mahasiswa IKIP, inilah kepanjangan dari BISSIK. Teater Bissik lahir pada 12 November 2002. Saat ini diketuai oleh Mahfidah Inayati, mahasiswi Pendidikan Matematika semester 6. Teater Bissik adalah satu-satunya teater kampus di Kota Madiun yang masih eksis sampai saat ini. Teater Bissik adalah salah satu UKM yang ada di IKIP PGRI Madiun, bergerak di bidang seni, yang meliputi seni drama, seni gerak, seni musik, seni suara, bahkan seni lukis juga di pelajari di Teater Bissik. Keberadaan Teater Bissik cukup diakui IKIP PGRI Madiun, bahkan di kota Madiun. Hal ini dibuktikan dengan seringnya Teater Bissik di ajak kerjasama oleh Pemerintah Kota Madiun, seperti Pentas “Petruk Oh Petruk1” yang diselenggarakan di Alon-Alon Kota Madiun dalam rangka memperingati Grebeg Maulud di Kota Madiun, pentas “Jerat Kawat Duri” yang diadakan di halaman gedung Pemkot Madiun dalam rangka memperingati Hari Anti Narkoba Indonesia (HANI), dengan LSM Diffa di UNMER Madiun dalam rangka sosialisasi PilPres 2009 dalam Pentas “Petruk Oh Petruk 2”. Selain itu Teater Bissik menduduki peringkat 4 besar di Festival Teater Remaja se-Jawa Timur.

 

Hasil dan pencapaian bukanlah hal utama yang menjadi tujuan Teater Bissik tapi proses di balik itulah yang penting dan membuat anggota-anggota Teater Bissik terbentuk menjadi pribadi yang loyal, bertanggung jawab dan pekerja keras. Walaupun secara umum orang melihat Teater sebagai organisasi yang “urakan”, kami selalu berusaha meyakinkan dan merubah pandangan orang tersebut bahwa kami Teater Bissik adalah organisasi yang mempunyai dasar pendidikan, meskipun kelak kami tidak menjadi seorang seniman, Teater Bissik bisa menjadi bekal kami nanti ketika kami menjadi seorang pendidik.

 

Kesadaran adalah matahari

Kesabaran adalah bumi

Keberanian menjadi cakrawala

Dan perjuangan adalah pelaksana kata-kata (W.S.Rendra)

 

Semboyan ini yang mengantar kita untuk selalu sadar, sabar, berani dan menjadi pejuang dari kata-kata yang kami lontarkan dengan penuh tanggung jawab.